Rabu (25/5/2022) Prodi PGSD FKIP UAD menyelenggarakan Workshop Penyusunan Bahan Ajar yang diselengarakan di Hotel Grand Rohan . Kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan dosen dalam membuat bahan ajar yang memadai, inovatif dan kreatif.
Workshop diikuti oleh dosen Prodi PGSD FKIP UAD dan dipandu oleh Probosiwi, M.Sn. selaku moderator. Hadir sebagai Pembicara adalah Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum, yang memiliki pengalaman yang luas terkait penulisan bahan ajar.
Kaprodi PGSD Dr. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd dalam sambutan menyampaikan bahwa pembelajaran saat ini menuntut adanya perubahan pada sudut pandang penyelenggaraan perkuliahan yaitu bila sebelumnya perkuliahan dalam kerangka transfer ilmu dan keterampilan, namun pada abad 21 ini perkuliahan diarahkan pada keterampilan berfikir tingkat tinggi mahasiswa atau High Order Thinking Skill (HOTS) serta mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yaitu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat mahasiswa. Dibutuhkan bahan ajar yang relevan, up to date, dan inovatif
Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum. menyampaikan materi teknik menulis buku ajar sesuai standar nasional perbukuan dan tata cara penulisan monograf.


Lebih lanjut disampaikan bahwa bahan ajar dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dapat berupa handout, buku ajar, modul, worksheet, model atau maket. Dengan memaksimalkan beberapa bahan ajar tersebut, maka mahasiswa akan terbantu dalam proses belajar dan bahkan bisa melakukan pembelajaran mandiri. Bahan ajar yang disusun secara sistematis dapat menciptakan suasana yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar.
Secara rinci Rina Ratih menjelaskan alur analisis dan langkah-langkah penyusunan buku ajar. Buku ajar berperan bagi dosen dapat memberikan kesempatan menjadi fasilitator yang efektif agar proses belajar mengajar perkuliahan menjadi aktif. Keuntungan lain adalah buku ajar berfungsi untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam pembelajaran di kelas sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta mahasiswa dapat belajar di mana saja dan kapan saja.
Menulislah Biarkan Sejarah Mencatat namamu,” quote Rina Ratih menutup materi penyusunan bahan ajar.
Sesi kedua materi workshop yaitu Praktik penyusunan rancangan bahan ajar per-rumpun bidang keilmuan yang dipandu oleh Sekretaris Prodi PGSD Dr. Ika Maryani, M.Pd.