PGSD UAD Adakan Guest Lecture Pembelajaran Matematika di SD
Pandemi Covid 19 yang sudah terjadi 2 tahun ini mengakibatkan lumpuhnya berbagai aktivitas dalam masyarakat. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan sehingga aktivitas-aktivitas pendidikan dan pembelajaran dilaksanakan secara online. Tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa PGSD FKIP UAD untuk mengadakan kuliah umum yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting serta disiarkan melalui Youtube PGSD UAD, Sabtu (11/06/2022).
Estina Ekawati, S.Si., M.Pd.Si. yang merupakan Widyaiswara Ahli Madya PPPPTK Matematika (BBGP DIY) selaku pembicara 1. Serta Pembicara 2 Tusta Rika Purwanti, S.Pd. yang merupakan alumni PGSD UAD sekaligus guru di SD N Turi 3.
Dari pembicara 1 dengan tema “Pembelajaran berbasis Literasi, Numerasi, dan Integrasi Computational Thinking di Kelas untuk Optimasi AKM” dapat disimpulkan bahwa kemampuan hasil PISA (Program for International Student Assessment) masih terbilang rendah dan tertinggal.
Oleh karena itu, Kemendikbud melakukan strategi untuk memecahkan terkait kemampuan hasil PISA (Program for International Student Assessment) dengan kemampuan literasi dan numerasi. Salah satunya adalah program guru penggerak, program sekolah penggerak, dan implementasi kurikulum merdeka.
Selain itu, untuk mendongkrak nilai kemampuan PISA, guru dapat memanfaatkan TIK dan melibatkan siswa dalam pengajaran membaca. Selain itu, hindari membaca nyaring. Biasakan siswa merangkum dengan gaya bahasa sendiri. Perkaya jenis bacaan siswa dengan membiasakannya membaca untuk mengisi waktu luang.
Dari pembicara 2 dengan tema “Strategi Pembelajaran Matematika di SD” dapat disimpulkan banyak siswa yang takut akan pelajaran matematika karena menganggap matematika pelajaran yang sulit. Hal inilah yang menjadi tantangan calon pendidik dan pendidik untuk mengubah image matematika dari yang sulit menjadi mudah.
Solusi yang dapat dilakukan untuk mengubah image matematika itu susah antara lain : dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Selain itu, menanamkan bahwa matematika itu mudah. Berikan siswa latihan soal dari yang mudah ke sulit serta berikan apresiasi sekecil apapun untuk kemajuan siswa. Jangan lupa meningkatkan kualitas diri dengan terus belajar.