“Jika anda ingin memiliki usia lebih panjang dari batas waktu anda hidup di dunia, maka menulislah”. Karya-karya tertulis akan dapat dibaca oleh masyarakat, sekalipun penulisnya sudah berpulang. Ungkapan ini disampaikan Dr. Suyatno, M.Pd.I pada kegiatan Workshop Penulisan Artikel, Sabtu (28/05/2022). Acara workshop penulisan artikel ilmiah diselenggarakan  Prodi PGSD FKIP UAD, wajib bagi mahasiswa semester 6 dan 8, dan bagi mahasiswa semester 2 dan 4, disarankan untuk mengikutinya. Lisa Retnasari, M.Pd. sebagai moderator menyampaikan bahwa peserta workshop dapat mengikuti secara online melalui chanel YouTube Prodi PGSD Official. Pemanfaatan live streaming ini dimaksudkan agar dapat memfasilitasi mahasiswa peserta yang berada di berbagai wilayah di Indonesia.

Kaprodi PGSD Dr. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd. menyampaikan harapan melalui kegiatan workshop mahasiswa termotivasi untuk menulis artikel ataupun karya ilmiah lainnyalebih lanjut mahasiswa dapat lulus tepat waktu.  “mahasiswa dapat lulus cepat waktu merupakan harapan semua pihak, Skripsi atau karya tulis ilmiah menjadi salah satu yang boleh jadi menghambat. Oleh karena itu, kegiatan workshop ini bentuk upaya Prodi PGSD membekali dan memotivasi mahasiswa dalam penulisan artikel, dan memudahkan mahasiswa menyelesaikan studi.  

Dr. Suyatno, M.Pd hadir sebagai  pembicara. Suyatno menyampaiakan manfaat menulis yaitu dapat berbagi ide dan ilmu kepada pembaca, dikenal oleh masyarakat akademis , dan membangun track record. Suyatno menjelaskan secara terperinci struktur penulisan artikel, dimulai dari memunculkan ide gagasan sampai dengan teknis penulisan dan pencarian sumber referensi.

Pesan penting dari Suyatno dalam menulis artikel yaitu 1) tidak ada unsur plagiarism; 2) mencantumkan pihak-pihak yang berkontribusi sebagai co-author baik itu dosen pembimbing atau teman sejawat; 3) memilih jurnal target yang tepat; 4) satu artikel tidak boleh dikirim di lebih dari satu jurnal dalam waktu yang bersamaan.

Semoga melalui pelatihan ini mahasiswa Prodi PGSD tergerak dan termotivasi dalam menulis artikel dan terhindar dari unsur plagiarism.