Dosen PGSD UAD Bangun Branding Digital Melalui Medsos
Yogyakarta (18/06/2025) PGSD FKIP UAD menyelenggarakan kegiatan “Membangun Personal Branding dan Keilmuan Melalui Media Sosial”. Kegiatan ini di ikuti secara antusias oleh para dosen Program Studi PGSD. Tujuan utamanya adalah membekali dosen dengan wawasan strategis di era digital.
Narasumber utama kegiatan ini, Dr. Muhammad Najih Farihanto, S.I.Kom., MA., menekankan bahwa personal branding bukan sekadar pencitraan, melainkan bentuk kontribusi akademisi dalam menjawab tantangan disrupsi digital. Beliau menggarisbawahi bahwa personal branding yang efektif harus tampil secara autentik, emosional, dan menghibur, mencerminkan tanggung jawab keilmuan yang mendalam.
Dr. Najih memaparkan konsep “Natural by Design” untuk membangun citra diri alami terstruktur. Personal branding di anggap berhasil jika terhubung, solutif, dan menyentuh emosi audiens. Narasumber juga menyoroti adanya kesenjangan generasi antara pendidik dengan peserta didik. Media sosial dapat menjadi jembatan strategis antara nilai keilmuan dan generasi kini.
Para dosen di dorong untuk mulai memanfaatkan media sosial tidak hanya sebagai sarana komunikasi, tetapi juga sebagai media edukasi, advokasi, pengembangan jejaring profesional, dan pencitraan akademik. Konten yang di hasilkan tidak selalu harus serius, melainkan dapat di kemas dengan gaya naratif, visual yang menarik, pendekatan yang humanis, serta sentuhan personal.
Antusiasme peserta tercermin dari di skusi aktif dan reflektif yang terjadi. Beberapa dosen bahkan berbagi ide dan pengalaman mereka dalam menggunakan media sosial untuk mendukung aktivitas mengajar dan riset. Hal ini membuktikan bahwa personal branding keilmuan adalah kebutuhan nyata di era transformasi digital.
Kegiatan ini memberikan inspirasi baru bagi pendidik dalam memperluas dampak keilmuannya di ruang digital, baik secara individual maupun kelembagaan. Di harapkan, para dosen PGSD FKIP UAD mampu membangun identitas keilmuan yang kuat dan relevan dengan perkembangan zaman. Sebagai tindak lanjut, Program Studi PGSD berencana menyelenggarakan pelatihan lanjutan yang lebih teknis dalam pengelolaan media sosial akademik. Inisiatif ini di harapkan dapat mendukung visi institusi dalam menghadirkan pendidikan yang adaptif, komunikatif, dan berdampak luas di masyarakat.
(han)