Prodi PGSD FKIP UAD bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan tingkat Cabang (Pusdiklatcab) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa.  Mengacu Surat Edaran Rektor Nomor 421 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka TA 2021/2022  maka penyelenggaraan KMD Tahun 2021 dilaksanakan secara blended learning. KMD diikuti oleh 348 mahasiswa dengan pembagian 16 mahasiswa mengikuti secara luring dan 332 mahasiswa mengikuti secara daring.

Sabtu (25/09/2021) bertempat di Kampus 5 UAD penyelenggaraan KMD diawali dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Kabid. Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa UAD Danang Sukantar, M.Pd sekaligus membuka kegiatan ini. Pembukaan KMD secara simbolis dilaksanakan dengan menyematkan tanda peserta dan penyerahan tunggul kegiatan KMD serta menyampaikan penyerahan peserta kepada pelatih.

KMD merupakan kegiatan pembinaan yang bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka yaitu Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega. Harapannya dengan mengikuti kegiatan KMD mahasiswa menjadi mahir dan terampil sebagai Pembina pramuka. Hal ini sekaligus menjadi bekal mahasiswa Prodi PGSD ketika lulus dan menjadi Guru SD, menjadi lulusan Prodi PGSD FKIP UAD yang unggul dan bertanggungjawab.(*)