Dosen PGSD UAD Semakin Dekat dengan Pendidikan Inklusif
Yogyakarta (15/10/2024) Dunia pendidikan Indonesia kembali berbangga. Dr. Nurul Hidayati Rofiah, M.Pd.I, Ph.D., seorang dosen di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Universitas Ahmad Dahlan (UAD), berhasil meraih penghargaan bergengsi Emerald Awards Literati 2024.
The Progress of Inclusive Education Toward Agenda 2030 in Indonesia, sebuah karya yang berfokus pada pendidikan inklusi. Dr. Nurul Hidayati Rofiah menganalisis secara mendalam perkembangan pendidikan inklusif di Tanah Air dalam konteks pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030.
Pendidikan inklusif adalah sebuah pendekatan dalam pendidikan yang menjunjung tinggi nilai kesetaraan dan keberagaman. Selain itu, semua anak, tanpa terkecuali, memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Anak-anak dengan disabilitas, anak-anak dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda. Lebih lanjut, anak-anak dengan kebutuhan khusus lainnya, berhak belajar bersama dengan anak-anak lain dalam satu kelas.
Selain itu, kami berharap prestasi ini dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk terus berkarya dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat, ujar Muhammad Ragil.
Dr. Nurul Hidayati Rofiah meraih prestasi yang menjadi tonggak sejarah bagi pendidikan inklusif di Indonesia. Semoga penelitian beliau dapat menjadi rujukan bagi para pembuat kebijakan, praktisi pendidikan, dan masyarakat luas dalam upaya mewujudkan pendidikan yang lebih inklusif dan berkualitas.
(ren)