Home » Mahasiswa » Rangka Milad, HMPS Prodi PGSD UAD mengadakan Lomba Permainan Tradisional

 
 

Rangka Milad, HMPS Prodi PGSD UAD mengadakan Lomba Permainan Tradisional

 

 

Gebyar Pendidikan Sekolah Dasar, Event Mengangkat Kembali Permainan Tradisional

Gebyar Pendidikan Sekolah Dasar, Event Mengangkat Kembali Permainan Tradisional

Minggu (4/11/2018) Himpunan Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPS PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan telah...

 
Jadwal Ujian Tengah Semester, Semester Gasal, T.A. 2018 / 2019

Jadwal Ujian Tengah Semester, Semester Gasal, T.A. 2018 / 2019

Berdasarkan kalender akademik 2018/2019, maka Program Studi PGSD FKIP UAD akan menyelenggarakan Ujian Tengah Semester pada tanggal 22 Oktober – 2 November 2018....

 
Tim Senam Mahasiswa PGSD Meraih Juara III dalam Senam Kreasi Semarak Indosiar 2018

Tim Senam Mahasiswa PGSD Meraih Juara III dalam Senam Kreasi Semarak Indosiar 2018

LSO Cagur Istimewa (CI) cabang senam salah satu divisi pengembangan olahraga mahasiswa Program Studi PGSD FKIP UAD  meraih juara III dalam ajang Lomba Senam Kreasi...

 
 

WR 3 Dr. Abdul Fadlil, M.T dan Kepala Seksi TK-SD Dinas Dikpora DIY Drs. Surti Raharyanto membuka Lomba Permainan Tradisional dengan memainkan permainan Benthik. (Dok. HMSP PGSD UAD)

Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat,dan perkembangan teknologi yang tak mungkin bisa terbentung tentunya memiliki beberapa dampak. Ibarat pisau bermata dua, perkembangan teknologipun sudah masuk ke dalam ranak anak-anak. Zaman dahulu anak-anak masih gemar memainkan permainan tradisional, namun kini hal itu semakin pudar oleh perkembangan zaman.

Untuk mengangkat warisan budaya itulah, HMPS Prodi PGSD UAD mengadakan Lomba Permainan Tradisional. Acara dilaksanakan Ahad (5/11/2017) bertempat di  Lapangan Tamanan, Bantul.

Lomba permainan tradisional ini terbagi menjadi 3 permainan, yaitu Gobak sodor (16 Tim Putri), Bentengan (9 tim Putra), dan Benthik (5 tim putra). Adapun keseluruhan tim pada acara lomba permainan tradisional GPSD Se-DIY yang kedua sebanyak 30 tim dan 11 sekolah.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor 3 UAD Dr. Abdul Fadlil, M.T sekaligus membuka acara dan mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Kepala Seksi TK – SD Drs Surti Raharyanto.

 Dalam sambutannya, Wakil Rektor 3 UAD Dr. Abdul Fadlil M.T menyampaikan, “UAD yakin, lewat kegiatan seperti ini dan dilaksanakan secara periodik setiap tahun, permainan tradisional akan diminati pada masa mendatang,” ungkap beliau.

Hal senada juga dilontarkan Drs. Surti Raharyanto lewat acara ini potensi anak dikembangakn, khusunya permainan tradisional. “Kegiatan ini memberi kesempatan siswa untuk berprestasi dan mengenalkan kembali permainan tradisional” ulas beliau.

Dalam acara ini disemarakkan pula oleh MuVo dance, dan dari SD Muh Kauman. Dalam permainan tradisional ini setidaknya ada beberapa lomba yang dipertandingkan yaitu Benthik, Gobak Sodor, dan Bentengan.

Berikut daftar pemenang tiap lomba:

No

Cabang Lomba

Juara

1

Gobak Sodor 1. SDN 1 Kotagede
2. SD Muh Noyokerten
3. SD Muh Pakem

2

Bentengan 1. SDN 1 Kotagede
2.SDN 1 Kotagede
3. SD Muh Mertosonan

3

Benthik 1. SDN Baciro
2. SD Muh Dukuh Widaran
3. SD Muh Bausasran

Comments are closed

Sorry, but you cannot leave a comment for this post.