Home » Mahasiswa » Rangka Milad, HMPS Prodi PGSD UAD mengadakan Lomba Permainan Tradisional

 
 

Rangka Milad, HMPS Prodi PGSD UAD mengadakan Lomba Permainan Tradisional

 

 

PELATIHAN FINGER PAINTING SEBAGAI STIMULUS MOTORIK HALUS PADA PENANGANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI PCM UMBULHARJO

PELATIHAN FINGER PAINTING SEBAGAI STIMULUS MOTORIK HALUS PADA PENANGANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI PCM UMBULHARJO

Dua Dosen Prodi PGSD Universitas Ahmad Dahlan, Siwi Purwanti, M.Pd dan Fery Setyaningrum, M.Pd telah sukses melaksanakan pelatihan finger painting sebagai stimulus...

 
PENINGKATAN LITERASI SMIC UNTUK INDONESIA TIMUR

PENINGKATAN LITERASI SMIC UNTUK INDONESIA TIMUR

Dosen Prodi PGSD Universitas Ahmad Dahlan sejak tanggal 9 sd 14 Mei menyelenggarakan riset terapan di Bacan, Maluku Utara. Riset ini dilaksanakan dengan pendanaan...

 
Jeany Arieta Masuk 10 Besar The 3th Annual UNY English Competition (UNESCHO)

Jeany Arieta Masuk 10 Besar The 3th Annual UNY English Competition (UNESCHO)

Jeany Arieta mahasiswi PGSD UAD semester 6 didampingi dosen pembimbing Hengkang Bara Saputra, M.Pd Jeany Arieta mahasiswi PGSD UAD semester 6 mengikuti The 3th Annual...

 
 

WR 3 Dr. Abdul Fadlil, M.T dan Kepala Seksi TK-SD Dinas Dikpora DIY Drs. Surti Raharyanto membuka Lomba Permainan Tradisional dengan memainkan permainan Benthik. (Dok. HMSP PGSD UAD)

Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat,dan perkembangan teknologi yang tak mungkin bisa terbentung tentunya memiliki beberapa dampak. Ibarat pisau bermata dua, perkembangan teknologipun sudah masuk ke dalam ranak anak-anak. Zaman dahulu anak-anak masih gemar memainkan permainan tradisional, namun kini hal itu semakin pudar oleh perkembangan zaman.

Untuk mengangkat warisan budaya itulah, HMPS Prodi PGSD UAD mengadakan Lomba Permainan Tradisional. Acara dilaksanakan Ahad (5/11/2017) bertempat di  Lapangan Tamanan, Bantul.

Lomba permainan tradisional ini terbagi menjadi 3 permainan, yaitu Gobak sodor (16 Tim Putri), Bentengan (9 tim Putra), dan Benthik (5 tim putra). Adapun keseluruhan tim pada acara lomba permainan tradisional GPSD Se-DIY yang kedua sebanyak 30 tim dan 11 sekolah.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor 3 UAD Dr. Abdul Fadlil, M.T sekaligus membuka acara dan mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Kepala Seksi TK – SD Drs Surti Raharyanto.

 Dalam sambutannya, Wakil Rektor 3 UAD Dr. Abdul Fadlil M.T menyampaikan, “UAD yakin, lewat kegiatan seperti ini dan dilaksanakan secara periodik setiap tahun, permainan tradisional akan diminati pada masa mendatang,” ungkap beliau.

Hal senada juga dilontarkan Drs. Surti Raharyanto lewat acara ini potensi anak dikembangakn, khusunya permainan tradisional. “Kegiatan ini memberi kesempatan siswa untuk berprestasi dan mengenalkan kembali permainan tradisional” ulas beliau.

Dalam acara ini disemarakkan pula oleh MuVo dance, dan dari SD Muh Kauman. Dalam permainan tradisional ini setidaknya ada beberapa lomba yang dipertandingkan yaitu Benthik, Gobak Sodor, dan Bentengan.

Berikut daftar pemenang tiap lomba:

No

Cabang Lomba

Juara

1

Gobak Sodor 1. SDN 1 Kotagede
2. SD Muh Noyokerten
3. SD Muh Pakem

2

Bentengan 1. SDN 1 Kotagede
2.SDN 1 Kotagede
3. SD Muh Mertosonan

3

Benthik 1. SDN Baciro
2. SD Muh Dukuh Widaran
3. SD Muh Bausasran

Comments are closed

Sorry, but you cannot leave a comment for this post.