UAD dan UIN Sunan Kalijaga Menulis Ilmiah Melalui Seminar
Yogyakarta (5/11/2025) – PGSD FKIP UAD dan UIN Sunan Kalijaga (UIN SUKA) menyelenggarakan seminar “Write Right: Strategi Menulis Artikel Ilmiah di Era Digital” pada 5 November 2025. Acara kolaboratif akademik ini berlangsung di ruang 201B, Kampus 5 UAD. Kalangan akademik dari berbagai program studi turut meramaikan kegiatan ini. Di sisi lain, Mukti Sinta Wati, S.Si., M.Pd., Kepala Laboratorium PGSD UAD, membuka acara. Mukti Sinta Wati menekankan pentingnya menghasilkan artikel ilmiah berkualitas di era digital. Selain itu, teknologi menyediakan informasi yang mudah diakses, tetapi juga menuntut verifikasi ketat karena informasi seringkali kurang akurat. Pertama, Mukti Sinta Wati menegaskan, “Menulis artikel ilmiah yang baik tidak sekadar menyampaikan informasi. Dari hal ini menyajikan argumen yang kuat dan berbasis data,” menjadikan integritas dan kualitas publikasi kunci di dunia akademik.

Kemudian seminar ini menyajikan sesi mendalam dari para ahli. Wahyu Irawati, S.Pd. membahas etika menulis, plagiarisme, dan menanamkan integritas penulisan ilmiah. Ahmad Syaripudin, S.Pd. menjelaskan teknik penulisan artikel (lima komponen utama) untuk menciptakan artikel terstruktur dan siap publikasi. Musyakkir, S.Pd. mengajarkan teknis manajemen referensi dan sitasi otomatis, menegaskan sitasi bukti kejujuran ilmiah yang wajib audien terapkan. Intan Andriyani Hasanah, S.Pd. memandu strategi publikasi, mulai dari memilih jurnal (SINTA/Scopus) dan menanggapi revisi reviewer.

Kegiatan ini secara nyata mendorong kontribusi aktif dalam dunia akademik melalui publikasi karya ilmiah kredibel. Meskipun demikian, seminar ini memperkuat kemampuan menulis dan mempersiapkan penulis akademik handal di masa depan. Seminar “Write Right” merupakan langkah positif UAD dan UIN Sunan Kalijaga mendukung pengembangan keilmuan. Demikian pula, di era digital yang menuntut kualitas informasi tinggi, kemampuan menulis artikel ilmiah yang berintegritas menjadi kebutuhan tak terhindarkan.
(Lei)


