PGSD UAD Tingkatkan Mutu Melalui Benchmarking RPL ke Universitas Muhammadiyah Cirebon
Yogyakarta, (26/05/2025) PGSD FKIP UAD berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan melalui penguatan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dan sistem penjaminan mutu. Salah satu langkah strategis yang di lakukan adalah melakukan kunjungan benchmarking ke PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC).
Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari tata kelola RPL secara komprehensif, termasuk prosedur, praktik terbaik, serta dukungan kegiatan akademik dan penjaminan mutu yang telah di terapkan di UMC. Kegiatan benchmarking di isi dengan sesi pemaparan materi, diskusi interaktif, serta studi praktik langsung mengenai implementasi RPL.
Muhammad Ragil Kurniawan, M.Pd., selaku perwakilan tim PGSD UAD, menegaskan pentingnya benchmarking ini. “RPL merupakan kebijakan strategis yang mendorong kami untuk merancang skema yang kredibel, adil, dan dapat di pertanggungjawabkan secara akademik. Melalui kunjungan ini, kami belajar dari best practice yang telah matang di terapkan di UMC,” ujarnya.
Kehangatan sambutan dari pimpinan dan civitas akademika UMC menambah semangat kolaboratif antara kedua institusi. Hasil dari kegiatan ini akan menjadi pijakan penting bagi PGSD UAD dalam menyusun kebijakan dan perangkat RPL yang akuntabel, transparan, serta sesuai dengan regulasi yang berlaku.
PGSD UAD berharap kegiatan ini menjadi awal sinergi antar PTM untuk wujudkan pendidikan tinggi yang lebih inklusif dan berkualitas. Kolaborasi ini diharapkan mampu memperkuat jaringan antar perguruan tinggi Muhammadiyah dalam meningkatkan akses serta mutu layanan pendidikan tinggi secara merata. Kolaborasi ini juga mendukung pengakuan yang adil terhadap pengalaman belajar mahasiswa, baik dari jalur formal, nonformal, maupun informal. Dengan semangat kolaboratif dan semangat pembelajaran berkelanjutan, PGSD UAD optimistis dapat menyusun skema RPL yang komprehensif dan relevan untuk masa depan pendidikan guru yang lebih berkualitas.
(han)