Penerjunan Riset dan Praktek Pembelajaran Mahasiswa Program Pascasarjana Pendidikan Dasar UNY di Prodi PGSD UAD
Selasa (21/3/2017) telah dilaksanakan penerjunan 14 Mahasiswa PPs UNY untuk melaksanakan Riset dan Praktik Pembelajaran di Prodi PGSD UAD, bertempat di Lab. MIPA PGSD. Dalam acara tersebut mahasiswa PPs didampingi Dr. Christina Ismaniati, M.Pd. selaku Dosen Pengampu Mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran, disambut oleh Kaprodi PGSD UAD Dra. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd., Sekretaris Prodi Ika Maryani, M.Pd., serta 16 Dosen PGSD UAD.
Kaprodi PGSD UAD Dra. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih telah dipercaya sebagai mitra dalam implementasi mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran. “Kami sampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, sebagai prodi PGSD yang masih muda telah dipercaya sebagai mitra dalam pelaksanaan mata kuliah ini dan semoga bisa saling sharing melalui mata kuliah ini,”ucap beliau.
Dr. Christina Ismaniati, M.Pd menjelaskan tujuan dari mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran adalah agar mahasiswa calon akademisi mampu menganalisis masalah belajar dan pembelajaran di Program Studi PGSD S1, dengan penuh tanggung jawab dan mampu mengimplementasikan alternatif solusi pemecahan dalam riset, Aktivitas praktek yang dilakukan meliputi merancang, melaksanakan, dan menilai proses dan hasil pembelajaran melalui pendekatan, model, dan metode yang sesuai.
Lebih lanjut Dr. Christina Ismaniati, M.Pd menyampaikan bahwa Mata Kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran, memberikan kesempatan bagi calon akademisi Dikdas Pascasarjana UNY untuk memahami standar nasional Pendidikan Tinggi dan KKNI. Di samping itu, mahasiswa PPs Pendidikan Dasar diharapkan mampu mempraktikkan teori yang telah didapatkan di perguruan tinggi untuk pengembangan pembelajaran di PGSD. “Mohon bapak/ibu dosen pamong dapat mendampingi mahasiswa saat melaksanakan riset dan praktik agar mampu mengembangkan pembelajaran yang mencakup penggunaan metode, model, media dan strategi; Sehingga tujuan untuk membentuk High Order Thinking Skill (HOTS) mahasiswa yang berlandaskan riset dengan menganalisis permasalahan di lapangan dapat tercapai. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk melakukan analisis permasalahan di lapangan, dengan harapan mahasiswa dapat memahami pentingnya riset sebagai landasan dalam pelaksanaan pembelajaran,” ungkap Dr. Christina Ismaniati, M.Pd. (dik)