Mimbar Akademik PGSD : Pendekatan Penelitian Kualitatif
Yogyakarta (18/12/2024) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UAD menyelenggarakan kegiatan Mimbar Akademik dengan tema penelitian kualitatif. Acara ini menghadirkan narasumber utama, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.I, yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD. Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin Program Studi PGSD yang bertujuan meningkatkan kompetensi dosen dalam mendalami metode penelitian kualitatif.
Dalam penyampaiannya, Prof. Dr. Suyatno menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap lima pendekatan utama dalam penelitian kualitatif, yaitu naratif, fenomenologi, etnografi, grounded research, dan studi kasus. “Pendekatan-pendekatan ini harus di kuasai secara komprehensif oleh para dosen PGSD. Sehingga, dapat di terapkan secara maksimal dalam proses pembimbingan skripsi kepada mahasiswa,” ungkapnya. Pengetahuan mendalam tentang berbagai pendekatan penelitian ini, menurut Prof. Suyatno. Tidak hanya meningkatkan kualitas pembimbingan skripsi tetapi juga mendorong dosen untuk menghasilkan penelitian yang relevan dan inovatif.
Mimbar Akademik Prodi PGSD UAD di rancang sebagai wadah bagi para dosen untuk berbagi ilmu pengetahuan terkini. Mengklarifikasi berbagai miskonsepsi yang mungkin masih ada, dan memperkuat diskusi akademik di lingkungan prodi. Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Suyatno menyajikan materi dengan pendekatan yang menarik, menggunakan berbagai contoh konkret dan aplikatif yang relevan dengan kebutuhan penelitian di bidang pendidikan dasar. Hal ini bertujuan untuk memperkaya wawasan peserta dan mendorong antusiasme dalam mempelajari lebih dalam setiap pendekatan kualitatif.
Para peserta aktif bertanya dan berbagi pengalaman terkait kendala maupun peluang dalam mengimplementasikan metode penelitian kualitatif di bidang masing-masing. Diskusi ini menghasilkan banyak gagasan segar yang diharapkan dapat diimplementasikan dalam kegiatan akademik di lingkungan PGSD. Baik dalam penelitian, pengajaran, maupun pembimbingan mahasiswa.
Melalui Mimbar Akademik, Prodi PGSD UAD terus berkomitmen untuk menjadi motor penggerak dalam pengembangan kompetensi akademik dosen, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas lulusan yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan.
(Mylin)