Mimbar Akademik: Asesmen Kurikulum Merdeka
Yogyakarta ( 08/01/2025) Program Studi PGSD UAD sukses menggelar mimbar akademik bertajuk Asesmen dalam Kurikulum Merdeka di Kampus 5 UAD. Kegiatan ini di hadiri oleh 25 dosen PGSD dan menghadirkan narasumber utama, Wahyu Hastiti, M.Pd., seorang pengawas dari Kota Yogyakarta.
Dalam sambutannya, Muhammad Ragil Kurniawan, M.Pd Kaprodi PGSD UAD. Menekankan pentingnya pembaruan pengetahuan bagi para dosen, terutama terkait dengan kurikulum terbaru. “Kurikulum Merdeka membawa paradigma baru dalam pendidikan, sehingga para dosen perlu terus memperbarui wawasan agar dapat memberikan bekal yang relevan kepada calon guru,” ujarnya.
Narasumber, Wahyu Hastiti, M.Pd., memaparkan secara mendalam mengenai konsep asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Wahyu Hastiti menekankan pentingnya asesmen awal sebagai langkah awal dalam memahami kebutuhan belajar siswa. “Asesmen awal bukan hanya untuk menentukan titik awal pembelajaran, tetapi juga untuk merancang pembelajaran yang lebih personal dan bermakna bagi setiap siswa,” terang Wahyu.
Salah satu poin penting yang di bahas adalah mengenai remedial dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Wahyu menjelaskan bahwa nilai akhir yang di masukkan adalah nilai sesuai KKM, bukan nilai terbaik yang di peroleh dari hasil remedial. Hal ini bertujuan untuk menjaga standar mutu pendidikan yang telah ditetapkan.
Selain itu, Wahyu juga menyoroti pentingnya asesmen sumatif yang komprehensif. Mengingatkan bahwa asesmen tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga mencakup aspek afektif dan psikomotorik. “Dengan demikian, kita dapat memperoleh gambaran yang lebih utuh tentang perkembangan siswa,” imbuhnya.
Diskusi yang berlangsung setelah pemaparan materi berlangsung sangat interaktif. Para dosen aktif mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait implementasi asesmen di lapangan. Wahyu dengan sabar menjawab setiap pertanyaan dan memberikan masukan yang konstruktif.
Kegiatan mimbar akademik ini di harapkan dapat meningkatkan kompetensi para dosen PGSD UAD dalam merancang dan melaksanakan asesmen yang efektif sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, lulusan PGSD UAD di harapkan dapat menjadi guru yang profesional dan mampu menciptakan pembelajaran yang berkualitas.
(Mylin)