Display Alat Peraga Matematika (APM) Mahasiswa Semester VI PGSD UAD
PGSD UAD– Senin (16/6) dilaksanakan display Alat Peraga Matematika (APM) di kampus V Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta mulai pukul 07.00-12.00 WIB. Kegiatan ini memamerkan hasil APM tugas matakuliah pengembangan dan praktikum pembelajaran Matematika SD mahasiswa PGSD UAD semester VI.
“Tugas pengembangan APM untuk SD ini, diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan konseptual matematika dalam bentuk APM. Sehingga pembelajaran matamatika untuk siswa SD menjadi mudah dipahami,”ungkap Ida Nurmila Isandespha, M.Pd selaku team teaching pengampu mata kuliah ini. Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini untuk menumbuhkan kreatifitas mahasiswa dalam inovasi pembelajaran. Team teaching mata kuliah ini terdiri dari Ida Nurmila Isandespha, M.Pd dan Sunaryo, M.Pd.
Kriteria penilaian dari APM ini meliputi: 1) Aspek Pedagogi dan konseptual, 2) Aspek Fisik APM, dan 3) Aspek orisinilitas (ide dan kreatifitas). Aspek pedagogi yang diperhatikan seperti peran APM dalam pembelajaran dan dapat memotivasi siswa dalam belajar. Aspek fisik yang diperhatikan adalah kekuatan, daya tarik, dan kemudahan dalam penyimpanan. Ide dan kreativitas mahasiswa merupakan kriteria penilaian yang memiliki bobot paling tinggi.
Ada 25 APM yang di pamerkan padai kegiatan tersebut. Dalam pameran tersebut mahasiswa menjelaskan tujuan dan cara penggunaan APM kepada setiap pengunjung stand mereka. Setiap kelompok juga harus mendapatkan masukan dari pengunjung seperti dosen dan mahasiswa umum. Walaupun kegiatan ini baru dilaksanakan pertamakali namun hasil APM mahasiswa sangat memuaskan, mahasiswa cukup kreative dan inovatif dalam mengembangkan APM.
Kegiatan ini menjadi tuntutan bagi mahasiswa untuk dapat menciptakan sebuah alat peraga pendidikan yang fungsional, yang dapat membantu para siswa SD memahami konsep-konsep matematika. Selamat untuk kesuksesannya dalam menciptakan dan membuat APM. Semoga karya kalian bisa bermanfaat untuk kepentingan pendidikan bangsa dan negara ini. (ida/dik)