Deep Learning PGSD Dorong Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Yogyakarta (20/08/2025) – PGSD FKIP UAD menggelar forum belajar deep learning sebagai strategi inovasi pembelajaran sekolah dasar. Kegiatan berlangsung pukul 12.30 sampai 15.00 dengan partisipasi dosen PGSD FKIP UAD. Selain itu, agenda memantapkan komitmen program studi pada transformasi pedagogik berbasis teknologi.
Forum menghadirkan Dr. Azaki Khoirudin, S.Pd, M.Pd sebagai narasumber utama. Selanjutnya, narasumber memaparkan konsep deep learning yang menekankan pemahaman mendalam, refleksi, serta transfer pengetahuan. Dengan demikian, dosen memperoleh perspektif baru tentang pembelajaran bermakna pada konteks sekolah dasar.

Agenda terpusat Laboratorium MIPA Kampus 5 UAD sebagai ruang eksplorasi akademik. Kemudian, peserta mengikuti paparan tentang perancangan aktivitas belajar yang mendorong berpikir kritis. Selain itu, narasumber mencontohkan penerapan forum berpikir dan berkarya bersama atau FOKUS. Oleh karena itu, peserta memahami cara menumbuhkan kolaborasi serta kreativitas mahasiswa PGSD.
Sesi berikutnya menampilkan diskusi kelompok tentang integrasi deep learning pada RPS dan modul ajar. Selanjutnya, setiap kelompok menyusun rancangan kegiatan kelas berbasis masalah autentik. Dengan pendekatan partisipatif, suasana forum berlangsung dinamis serta produktif. Akibatnya, ide-ide inovatif bermunculan dari berbagai mata kuliah PGSD.

Lebih lanjut, PGSD FKIP UAD menegaskan pentingnya literasi teknologi bagi dosen pendidikan dasar. Selain itu, penguatan kompetensi dosen akan berdampak langsung pada kualitas lulusan. Dengan cara tersebut, calon guru mampu merancang pembelajaran yang relevan dengan tantangan abad ke-21.
Sebagai penutup, PGSD FKIP UAD merumuskan tindak lanjut berupa pengembangan komunitas praktik FOKUS. Selanjutnya, komunitas tersebut akan menjadi ruang berbagi praktik baik antar dosen. Pada akhirnya, PGSD FKIP UAD berharap forum deep learning mempercepat lahirnya inovasi pembelajaran sekolah dasar yang adaptif, kreatif, serta berorientasi pada pemahaman mendalam.


