Asesmen Lapangan BAN-PT terhadap Program Studi PGSD Universitas Ahmad Dahlan
PGSD UAD– Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang dibuka pada 2011, pertengahan 2013 lalu telah mengirimkan Borang untuk syarat akreditasi Prodi PGSD. Hari Kamis –Sabtu (15-17/5) Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan Asesmen Lapangan ke kampus 5 UAD Yogyakarta untuk pengecekan atas Borang yang telah dikirimkan. Tim asesor BAN-PT beranggotakan Prof. Drs. Hartanto Sunardi, ST. S.Si., M.Pd. dan Dra. Meuthia Ulfah, M.Si. Dalam Asesmen Lapangan ini dihadiri oleh Rektor Dr. H. Kasiyarno, M.Hum., Wakil Rektor Bidang Konsolidasi dan Peningkatan Kualitas Akademik Dr. H. Muchlas, M.T., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kemahasiswaan dan Pemberdayaan Alumni Dr. Abdul Fadlil, M.T., Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional Prof. Dr. Sarbiran. Selain Rektorat hadir pula Kepala Biro dan Lembaga yakni Biro Sistem Informasi dan Komunikasi (BiSKOM) Tawar A.G, S.Si., M.Kom, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Ir. Tri Budiyanto, M.T., Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP) Dr. Widodo, M.Si., Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPPTK) Dra. Hj. Sri Hartini, M.Pd., Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Utik Bidayati, SE., MM, Kepala Kantor Universitas Imam Azhari, S.Si., M.Cs.
Acara Asesmen Lapangan ini dibuka oleh Rektor Dr. H. Kasiyarno, M.Hum. “Kami ucapkan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan Tim Asesor dari BAN PT , tim kami siap membantu jika ada data yang perlu disiapkan,” kata Kasiyarno.
Dalam Asesmen Lapangan ini Prof. Drs. Hartanto Sunardi, ST. S.Si., M.Pd. menyampaikan,”Kami dua orang yang ditugaskan oleh BAN PT untuk melakukan upaya pengecekan atas kondisi yang ada apakah sama dengan borang yang sudah ditulis. Semoga kondisinya sesuai dengan borang yang sudah dikirim,” Prof. Hartanto pun menambahkan, “Apapun hasilnya nanti bukan dari kami berdua melainkan dari BAN PT”.
Bertempat di gedung PGSD, Kampus 5 UAD, kegiatan Asesmen Lapangan dilaksanakan di 2 ruang yang terpisah yaitu 1 ruang untuk diskusi dan tanya jawab Prodi PGSD sedang 1 ruang yang lain untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Prof. Dr. Hartanto Sunardi melakukan sesi diskusi dan tanya jawab dengan Ketua Prodi PGSD Dra. Sri Tutur Martaningsih M.Pd beserta para dosen dan Dra. Meuthia Ulfah, M.Si, melakukan diskusi dan tanya jawab dengan Dekan FKIP , Dra. Trikinasih Handayani, M.Si. Wakil Dekan Dr. Suparman M.Si. DEA. Kegiatan diskusi dan tanya jawab merupakan agenda kerja Asesmen Lapangan.
Sebagaimana disebutkan dalam buku panduan akreditasi dari BAN-PT, akreditasi institusi perguruan tinggi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Kegiatan Asesmen Lapangan ini merupakan rangkaian dari proses akreditasi setelah program studi mengajukan dokumen (perangkat instrument akreditasi) diajukan dan dilakukan asesmen kecukupan atau yang dikenal dengan desk evaluation. Dalam kegiatan Asesmen Lapangan, dimana asesor sebagai pakar yang memahami pengelolaan perguruan tinggi ditunjuk untuk melakukan kunjungan, melakukan klarifikasi dan validasi data serta menggali informasi secara langsung.
Standar akreditasi perguruan tinggi mencakup standar tentang komitmen perguruan tinggi terhadap kapasitas institusional (institutional capacity) dan komitmen terhadap efektivitas program pendidikan (educational effectiveness), yang dikemas dalam tujuh standar akreditasi.
Keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan tim asesor. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis harus disiapkan, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan (asesmen lapangan tim asesor) seperti; dokumen-dokumen pelengkap, surat keputusan, standar operasi prosedur, memo, tesis, hasil penelitian, buku karangan dosen dan bukti bukti kegiatan lainnya.
Selain melakukan tanya jawab dengan pengelola fakultas dan program studi PGSD, tim asesor melakukan diskusi dengan dosen dan mahasiswa.
Setelah melakukan asesmen lapangan, tim asesor memberikan rekomendasi kepada pengelola dan program studi agar terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan menjaga mutu dan memperbaiki fasilitas yang sudah saatnya untuk diperbaharui termasuk fasilitas yang berkaitan untuk kepentingan dan dirasakan langsung oleh mahasiswa.
Pada kegiatan Asesmen Lapangan ini, Tim Asesor disuguhi hasil karya mahasiswa, Program Kreativitas Mahasiswa Karya Lingkungan Hidup yaitu melakukan daur ulang sampah menjadi karya handicraft. Inovasi kuliner makan singkong dengan cara yang berbeda yaitu diolah menjadi bakso, produk ini dinamakan “Baksong” dan karya-karya yang lain. Kreativitas mahasiswa ini memberikan kesan tersendiri bagi Tim Asesor, tentu saja apresisasi diberikan ke Prodi yang telah memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri.
Tahap terakhir setelah melakukan Asesmen Lapangan, tim asesor akan melakukan pembobotan nilai, validasi hasil asesmen lapangan dan kemudian membuat keputuskan akreditasi. (dik)