PGSD FKIP UAD Yogyakarta (25/04/2021) – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (PGSD FKIP UAD) laksanakan Guest Lecture. Mengusung tema Membangun Generasi Muda Tangguh Bencana: Siap untuk Selamat dan menghadirkan Budi Santosa, S.Psi.,M.K.M. sebagai narasumber. Kegiatan ini merupakan acara rutin dari Rumpun IPS, sekaligus memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021.

Sambutan dari ibu Dr. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd., selaku Kaprodi PGSD FKIP UAD

Narasumber yang merupakan fasilitator Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memaparkan bagaimana karakteristik yang harus melekat pada generasi tangguh bencana, Budi juga menekankan karakteristik tersebut diantaranya adalah tanggap, tangguh, tanggon, trengginas, tangkas, dan terampil. Menjadi generasi tangguh sama dengan berupaya untuk menjadi muslim yang kuat. Manusia menjaga bumi dan bumi menjaga manusia. Ini adalah bagian dari peran manusia menjadi khalifah di bumi.

Dokumentasi kegiatan melalui zoom.

“Untuk bisa tanggap, seseorang harus memiliki kadar intelektualitas yang tinggi. Selain itu, harus tau bagaimana penyebab terjadinya bencana dan bagaimana cara menyikapinya” pesan Kaprodi PGSD FKIP UAD, Dr. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd. dalam sambutannya. Guest Lecture dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan YouTube PGSD Official. Kegiatan berlangsung pada 24/04/2021, dimoderatori Dholina Inang Pambudi, M.Pd. (dosen PGSD FKIP UAD)

Penyampaian materi oleh Kepala Unit Disaster Medical Team RS PKU Muhammadiyah bantul

“Jadikan pribadi kita sebagai penggerak penanggulangan bencana. Jadikan diri kita sebagai contoh baik untuk sekitar. Terus berlatih dan belajar. InsyaAllaah kita akan jadi orang yang diselamatkan oleh Allah Swt.” Pesan Kepala Unit Disaster Medical Team RS PKU Muhammadiyah Bantul ini saat menutup pemaparannya. (FS)