PGSD FKIP UAD Yogyakarta (25/04/2021) –Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (PGSD FKIP UAD) selenggarakan workshop Guest Lecture. Kegiatan berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting dan YouTube PGSD Official, 23/04/2021. Dimoderatori oleh Sugeng Riyanto, M.Pd., acara ini menghadirkan Lovandri Dwanda Putra, M.Pd. sebagai pembicara utama yang merupakan founder dari high teacher Indonesia.

Sambutan ibu Ika Maryani, M.Pd., selaku Sekprodi PGSD FKIP UAD.

“Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan atas upaya yang dilakukan dosen untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Agar menghasilkan lulusan yang hebat, unggul, berkompeten, dan menjadi pendidik yang melek IT” pesan Ika Maryani, M.Pd., selaku Sekprodi PGSD FKIP UAD saat memberikan sambutan.

Dokumentasi kegiatan melalui zoom.

Kegiatan ini mengusung tema Integrasi 4C dalam Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia Tematik SD. Lovandri Dwanda Putra, M.Pd. mengatakan, keterampilan belajar 4C meliputi crticial thinking, creativity, collaboration, dan communication. Critical thinking ialah bagaimana mengarahkan peserta didik agar mampu berpikir kritis dalam menemukan dan memecahkan masalah. Creativity diwujudkan untuk melatih peserta didik berpikir out of the box serta mampu menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Communication diperlukan oleh peserta didik agar mampu berkomunikasi dengan baik, terutama dalam menyampaikan ide dan gagasan. Collaboration merupakan kerja sama yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Dokumentasi kegiatan melalui zoom.

Founder High Tech Teacher Indonesia ini juga menjabarkan bagaimana memanfaatkan teknologi untuk membuat media pembelajaran abad 21. Terdapat beberapa platformdigital yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media dan sumber belajar. Di antaranya Google Workspace For Education, Microsoft For Education, Canva For Education, dan Geneally. (FS)