PGSD FKIP UAD Yogyakarta (28/04/2021)- Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta kembali menyelenggarakan kegiatan edukatif untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan mahasiswanya, yakni melalui kegiatan Workshop Tracker dan PhET “Sebagai Solusi Alternatif Praktikum IPA PGSD”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 03/04/2021  pukul 08.00-12.00 WIB secara luring melalui via Zoom Meeting ­dan Youtube. Kegiatan tersebut dipandu oleh moderator Ika Maryani, M.Pd. selaku Sekretaris Prodi PGSD UAD.

Dokumentasi Kegiatan Melalui Live Streaming Youtube Channel PGSD OFFICIAL.

Dilaksanakannya kegiatan Workshop tersebut merupakan salah satu inisiasi dari tim dosen IPA yang ada di PGSD guna untuk membekali para mahasiswa dalam menerjemahkan atau memberikan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar secara kontekstual serta inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Terselenggaranya kegiatan Workshop ini diharapkan para mahasiswa dapat mengikuti langkah langkah dalam pemanfaatan Tracker dan PhET dalam pembelajaran.

Dokumentasi Kegiatan Melalui Zoom.

Materi pertama dalam kegiatan ini disampaikan oleh Eko Nursulistyo, M.Pd. selaku Dosen Pendidikan Fisika FKIP UAD  dengan materi PhET (Physics Educational Technology) atau Simulasi Virtual Laboratory mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju maka dunia pendidikan juga di aplikasikan dalam teknologi termasuk dalam hal kegiatan praktik selain materi tersebut, beliau juga menyampaikan terkait Virtual Laboratory di Android.

Dokumentasi Kegiatan Melalui Zoom.

Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Okimustawa, M.Pd.Si. selaku Dosen Pendidikan Fisika FKIP UAD  dengan materi “Teknik Tracker untuk Analisis Video Pembelajaran IPA FISIKA”. Adapun melalui pemanfaatan Tracker dalam pembelajaran terutama  IPA FISIKA mampu menghadirkan atau memberikan pembelajaran IPA secara kontekstual sehingga membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. (RF)